Tips dan Trik Masuk Univ Negeri Ala Anak KT Sitimulyo

SBMPTN merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun sebelum mendaftar SBMPTN para calon mahasiswa diwajibkan mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu. Pada tahun 2019, UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), pelaksaannya juga bisa mengikuti dua kali. Tetapi, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini tesnya hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan hanya bisa mengikuti satu kali. Hal ini sedikit berbeda dikarenakan terjadi wabah Covid-19 di Indonesia yang sampai saat ini masih terbilang tinggi.

Hasil dari SBMPTN 2020 pun sudah diumumkan pada (14/8). Di antara anggota Karang Taruna ‘Taruna Bhakti Sitimulyo’ sendiri terdapat tiga orang yang mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini. Dan ketiganya sama-sama lolos pada prodi yang diinginkan. Mereka adalah Vina Okta Miranda yang diterima di Pendidikan Paud UNY, Oby Isnan Abimanyu yang diterima di Pendidikan Seni Rupa dan Deva Dwi Nurwulan yang diterima di Pendidikan Seni Tari.

Sumber : Google

Dari ketiga orang tersebut, dua diantaranya yaitu Oby Isnan Abimanyu yang akrab disapa Oby dan Vina Okta Miranda yang akrab disapa Vina merupakan angkatan 2019. Mereka gagal di tahun kemarin, akan tetapi berhasil di tahun ini. Keberhasilan Vina, Oby, dan Deva dalam SBMPTN kali ini tentunya tak lepas dari usaha-usaha mereka. Mereka pun membocorkan tips dan trik dalam menghadapi SBMPTN tahun ini.

“Menurutku, kita harus tau dulu tujuan nya mau kemana, pahami potensi diri, berdoa dan selalu berusaha. Misalnya kalau sayakan di senirupa, jadi  ya sering-sering saja latihan mencoba gambar ini itu. Kalau untuk test UTBK nya juga coba latihan-latihan di tryout menjelang SBMPTN. Di Instagram ada banayk situs web yang menyediakan soal yang seperti itu. Yang berbayar maupun yang gratis juga ada, yang penting sering-sering latihan dan banyakin tanya mau ke PTN apa dan rata-rata di situ skor UTBK nya ketrima nya berapa. Jangan hanya belajar tapi tidak tahu referensi soal PTN nya seperti apa, harus seimbang, yang penting itu sih latihan, usaha, dan doa.” Ujar Obi

Berbeda dengan Obi yang menyarankan untuk belajar dan mencari tahu informasi harus seimbang, Deva mengatakan bahwa yang percaya diri juga perlu. “Kalau dari saya sendiri, yang pertama adalah selalu berdoa kepada Allah SWT dan berserah diri kepada-Nya. Kemudia belajar yang tekun, tetapi jangan ambisi banget tetap diselingi sosialisasi ataupun kegiatan lain dan yang terakhir adalah percaya diri. Kita boleh memiliki impian yang tinggi, tetapi harus lihat-lihat dulu kita bisa tidak menggapainya.” Ujarnya.

Sedangkan Vina sendiri yang sudah memiliki pengalaman proses seleksi masuk PTN tahun sebelumnya, ia lebih santai karena meskipun dalam belajar sangat ambis belum tentu bisa lolos juga. “ Karena aku gagal tahun kemarin, padahal aku kemarin ambis dalam akademik, rajin beribadah tetapi sama Allah belum diberi kesempatan untuk ketrima di PTN, makanya tahun ini aku lebih santai, ibadah tetap jalan tetapi untuk belajar semampunya saja. Kalau untuk pemilihan prodi ya realistis dan mengukur kemampuan diri saja.” Ujarnya.

Nah dari tips dan trik anak-anak Karang Taruna Sitimulyo di atas, bisa disimpulkan bahwa hal yang perlu dilakukan supaya bisa lolos SBMPTN ataupun ujian lainnya adalah berusaha semampunya, berdoa kepada Allah selalu, sering latihan soal, mengukur kapasitas diri dan yakin kepada diri sendiri bahwa kita mampu.

Penulis : Reni Safitri

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Pendidikan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.