PKKMB Dilakukan Online? Begini Kegiatannya

Sumber: Google Universitas Riau Kepulauan

Pandemi virus corona berdampak pada segala aspek termasuk pendidikan. Selain kegiatan belajar mengajar yang dilakukan via daring atau online, rupanya ospek kampus atau sekarang sering disebut PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) juga dilakukan secara online. Dikutip dari Kompas.com, terkait dengan masa orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bahkan mengeluarkan panduan khusus untuk ospek mahasiswa baru tahun 2020. Pada intinya, ospek tidak boleh dilakukan secara tatap muka.

Dokumentasi narasumber

Keputusan tersebut tentu saja menimbulkan pendapat tersendiri di mata para mahasiswa baru. Seperti pendapat Vika Alfiyana, pemudi asal Dusun Kedung Walikukun, Banyakan II, Sitimulyo. “Menurut saya, PKKMB online ini kurang efektif karena banyak terkendala jaringan termasuk saya sendiri. Selain itu, PKKMB online juga membutuhkan kuota yang cukup banyak. Disamping kendala jaringan dan kuota, PKKMB online juga membuat kita tidak bisa bertemu langsung dan mengikuti serangkaian PKKMB secara satu ruang. Namun demikian, PKKMB online juga mempunyai beberapa keuntungan diantranya tidak harus berangkat pagi menuju Universitas dan tidak mengharuskan berpanas-panas di tengah Lapangan” jelas Vika yang termasuk mahasiswa baru jurusan Pendidikan Seni Kriya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Saat diwawancarai Reporter Karang Taruna pada (9/9), Vika menceritakan bahwa PKKMB online dimulai pada Rabu, 9 September 2020 sampai 12 September 2020. “ PKKMB online ini dilakukan pada tanggal 9 September 2020 sampai 12 September 2020. Dimana pada tanggal 9 sampai 10 September mengikuti PKKMB tingkat Universitas, tanggal 11 tingkat Fakultas, dan hari terakhir tingkat Jurusan. Untuk waktunya dari jam 07.00-17.00 WIB”.

Selain itu, Vika juga menceritakan berbagai kegiatan PKKMB online di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “Kegiatan selama PKKMB berbeda-beda. Sebagai contoh tanggal 9 September 2020 mengikuti pembukaan PKKMB secara virtual melalui zoom meeting ataupun live YouTube. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 12.30. Setelah itu PKKMB dilanjutkan dengan mengakses platform pembelajaran untuk mengirim semua tugas yang telah ditentukan.” Pungkasnya.

Reporter: Fanisa Laras B.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Pendidikan, Teknologi dan Informasi. Tandai permalink.